Halaman

Selasa, 27 Maret 2012

Tentang penilaian

Whaaaa…
Ternyata oh ternyata…
Issshhh… Apaan sih citra… belum cerita udah heboh! << Haha… komentar yg sering keluar dr teman2 terdekat…:D
Jadi gini ceritanya, pagi ini tiba2 saja saya teringat seorang teman di masa lalu… yang kemudian membuat sy tergerak untuk membuka email2 lama.. tinggal click panah paling akhir kan seharusnya? Tapi ternyata mentoknya bukan di email pertama kita sodara2… Ternyata mentoknya cuma sampe tahun 2009, sedangkan yg sy cari adalah email di tahun 2006-an. kok bisa gitu ya? -__-.
Ya akhirnya.. krn gagal, sy coba deh pake opsi "search" pake nick name teman saya itu... eh ga ketemu juga... akhirnya sy pake alamat emailnya (yg alhamdulillah masih kesimpen :p) dan...

Horee...ketemu!
lalu sejenak kemudian saya terdiam sambil nutup mulut dg sebelah tangan..
Ouccchhhh...

Owhhhh.. sy benar2 tidak bisa membayangkan! sy berusaha memutar ulang memori 5 tahun yg lalu.. berusaha mengingat apa benar saya pernah melaluinya??
Sy baca email2 itu sambil nelen ludah.. Issshhh..alay bgt sih bahasanya... pake I and U tapi cuma diselip2 doang diantara bahasa indonesia yg juga ga jelas.. "Please, bantu I dong, I tuh pgn bgt kesono.."
Ihhh...sumpah! geleuh pisan! 
Saya bener2 ga suka sama anak alay!! bahasa alay itu bikin mual dan eneg bgt dengerinnya...

Tapi yang lebih menyakitkan dari itu semua adalah...
yg barusan sy bilang bahasanya alay bgt itu..
ituuuu... saya sendiri... sodara2!
hiks...
hiks...hiks...hiks...
Aaaaa.... menyebalkan sekali menyadari fakta ini... :(

eiittsss, bentar2.. mau klarifikasi dulu yaaa..
beda ya antara alay dg ekspresif itu!
saya memang suka berbahasa (termasuk dalam tulisan) sesuai dg ekspresi sy (dan sy memang sedikit ekspresif :p) makanya klo nulis gini: Aaaaaaa.... (itu memang lg ngejerit atau "ngerajuk" :p) 
jadi.. awas aja kalau ada yg bilang bahasa yg begini termasuk alay...
beda yaaaa...;)
kamu kurang nikmatin hidup kalau bahasa kamu terlalu kaku dan ga berekspresi...
haha... pembelaan... yaa.. walaupun memang selalu ada org2 pencilan yg "menikmati" kekakuan hidupnya... :D hehe

ternyata dahulu kala, sy bocah sekali ya!-__-"
saya benci sama org yg bahasanya alay, lha sy sendiri dulu pernah gitu... -__-"
dan herannya, temen sy ini.. dia bisa "tahan" juga ya... ngobrol sama sy...
secara dia ga seumuran sama saya waktu itu...
(dan kamu citttt! jelas-jelas lg ngomong sama org yg lebih tua... ga nyadar juga kalau bahasanya mesti dibedain? jadi sedikit lebih sopan setidaknya, kalaupun dulu masih ngangep bahasa alay itu bahasa gaul sama tmn2mu ?? :( )

temen saya itu...yg beberapa tahun lebih tua dibanding saya.. sabar bgt ya ngadepin sy...
saya jadi amat-amat terharu.. :'(
dia tulus bgt mau bantu saya...
dan ga mempermasalahkan bahasa sy yg alay kayak gitu!
Saya pun jadi teringat dg seseorang yg beberapa waktu lalu sy hadapi...
Saya "berusaha" tidak menyukainya dg alasan dia alay.
Dan akhirnya sy sendiri yg mejawabnya...
no body perfect! kamu membuktikannya sendiri Citra!
kamu pun berproses kan cit?!
ga bijak kalau kita selalu memberikan penilaian yg sama sedang waktu terus bergulir membentuk seseorang menjadi lebih baik...
kalaupun seandainya ada teman kita yg kita temui sekarang sedikit alay, bukan berarti dia akan alay selamanya... 

Memang ga salah, ketika bertemu dengan seseorang kita berusaha memberikan penilaian terhadapnya..
tapi batasi penilaian kita terhadap apa yg kita lihat sekarang terhadapnya..
Kalaupun kita pernah dikecewakan oleh seseorang, ok, kita boleh menilai org itu "tidak baik" saat itu...
tapi ketika pun kita harus berhadapan lagi dengannya di kehidupan mendatang, kita juga mesti melihat dia seutuhnya dg masa yg berbeda.
picik sekali rasanya kalau kita memandang seseorang yg mati-matian memproses dirinya menjadi lebih baik dg penilaian usang di masa lalu.

cukuplah masa lalu membuat kita berhati-hati bersikap... tapi kedewasaan kita pun diuji saat harus melihat di sudut yg lebih luas..

Peristiwa kecil di pagi ini memberikan pelajaran berarti bagi saya pribadi...

tak peduli latar belakang anda dahulu
yg saya lihat adalah anda yg sekarang...

Tidak ada komentar: