Halaman

Kamis, 01 Agustus 2013

Insight

Malam ini, saya merasa sangat beruntung.
Tiba-tiba mendapatkan semacam "insight" dari hal biasa.. bukan dari training atau seminar-seminar.

Hanya karena setelah berkumpul dan berdiskusi dengan teman-teman, saya menyadari satu hal tentang diri saya sendiri. Emm.. kali ini memang agak berbeda. Karena sekembalinya ke rumah, setelah ngobrol 'ngalor ngidul' saya sengaja menyediakan sebagian waktu untuk me-"recall"  kejadian seharian dan mengevaluasinya. haha.. gaya bener ya'? ga tau, tiba2 pengen aja. 

Me-recall atau mengulang kembali kejadian seharian ini membuat saya lebih banyak mengambil pelajaran.. dan entah kenapa bisa membuat saya lebih mengontrol diri.. 
"harusnya tadi aku ga ngomong gitu..", "masyaallah.. kenapa aku jadi kebanyakan mikir sih buat memberi sekedar seribu-duaribu?", "Wah. tadi aku nyakitin hati dia ga ya?" "Ya ampun.. kayaknya aku tadi terlalu mendominasi dan memaksakan opini ku deh..", "kenapa ekspresi dia gitu ya? jangan2 aku cuma menang di argumen, tapi ga nyentuh perasaannya" dan berbagai kesadaran2 lain yang baru disadari setelah direnungkan kembali. 

Hemm... saya bener2 takjub dengan cara Allah mengingatkan saya dan membuat saya belajar untuk terus jadi lebih baik.. Walaupun saya udah tau dari dulu, bahwa yang namanya kontemplasi/merenung itu penting.. Rasul juga menganjurkan seorang mukmin untuk rajin melakukan muhasabah diri kan? Cuma, mungkin karena saya yg terlalu spontan dan 'sok sibuk' jadilah merenung adalah aktifitas yg seringkali terlupakan dan teramat jarang dilakukan (saya ga bermaksud meng-kambing-hitamkan karakter bawaan saya ya.. bukan itu, hanya, merenung bagi karakter seperti saya butuh effort yg lebih, ga semudah seperti kebanyakan orang). 

Merenung itu memang baik, tapi juga mesti pas ukurannya. lha, klo kejadiannya malah kebalikan ekstrem dr karakter kayak saya gimana coba? justru sangkin sering merenung, malah galau mulu.. lebih parah lagi kalau mengakibatkan 'kelemotan' dalam bersikap.. hehe.. Emang baiknya muhasabah/merenung itu dilakukan tiap hari. Saya pernah denger Rasulullah menganjurkan kita muhasabah diri malam sebelum tidur (teks tepatnya saya lupa). 

Trus, gimana cara saya membuat pola untuk kebiasaan baru ini coba?
Nah.. lagi-lagi.. Allah itu memang Maha ajaib...
ternyata mendapat tempat tinggal di komplek yg jaraknya lumayan jauh dari akses angkutan umum itu ada baiknya untik saya.. ada maksudnya.. :)
Sekarang, tiap pulang, kalau ga cape banget, saya lebih memilih jalan kaki dari depan komplek menuju rumah.. ya lumayan jauh sih..tapi kebayarlah..demi perkembangan diri.. soalnya pas jalan kaki gitu sy jadi inget buat me-recall kejadian seharian. jadi waktu yg tepat buat sy deh.. :)


ok, met recall moment ;) 
*sebenernya tulisan ini udah nunggu buat dishare di blog sejak beberapa bulan yg lalu diketik di hp saya.. sorry ya Beib..

Tidak ada komentar: